Followers

everyone

Kamis, 12 Desember 2013

Teori Jean Piaget

Hai kawan...udah lama ya w ga share....nah kali ini w kan share tetang salah satu teori perkembanganny si bapak Jean Piaget, check this out.... :)

ada yang tau proses perkembangan kognitifnya anak kecil???
yups .... proses kognitifnya itu di mulai dari Skema , Asimilasi, Akmodasi, Equilabration. berikut adalah penjelasananya :

1. Skema ( bentuk objek)
contohnya aja, ketika ada anak kecil trus dia ngeliat kucing, nah yang dia liat n kenalin ya bentuk kucongnya itu, punya bulu, berkaki 4, punya buntut...nah sekali waktu si anak kecil tadi ketemu dgn seorang anjing, tp si anak kecil ini bilang klo anjing itu ya kucing, why? krn si ank kecil itu liat bentuk nya sama2 punya bulu, kakinya 4 dan punya buntut...endingnya semua binatang yang punya kriteria itu si anak kecil bilang "okay itu kucing.... ngeong....meong" hehehehe.....

2. Asimilasi (Penyesuaian Skema)
Balik ke kasus si anak kecil td yang lucu dan tanpa dosa, klo si anak ini udah agak gedean,dia akan masuk ke proses kognitif asimilasi, dimana si anak kecil tadi akan melakukan penyesuainya.... seperti ketika dia liat sebuah kapal terbang, dia akan menunjuk benda itu dan bertanya ke mamanya atau org terdekatnya itu apa?, trus mamanya/ orang terdekatnya bilang itu kapal terbang, next suatu hari si anak di ajak kelaut sama ayahnya, dan si anak melihat kapal laut, trus si anak bertanya lagi ke ayahnya, ayah itu apa?, trus si ayah bilang itu kapal laut, dan seketika itu si anak akan bilang... " kemaren pergi sama mama di bilang yang di atas kapal terbang, terus skrg pergi sama ayah, di bilang itu kapal laut...hmmm sebenarnya mana yang kapal berananya....aduh jadi pusing ...."

3.Akomodasi (Proses Skema)
klo tadi si anak kecil udah agak gedean sdikit, nah pada proses skema ini si anak lucu tadi udah lbh gede lagi, sehingga sangat di butuhkan toilet traning... pada masa ini ga mungkin kan klo trus2an pake pampres...nah begitu juga si anak ini dia harus lemas dari pampres tercintanya dia, caranya gmn? ya dgn latihan toilet, si anak akan di kasih hadiah klo dia bisa buang air besar dan kecil di toilet dan akan di kasih hukuman jika dia buang air kecil dan air besar di pampresnya, ga cuman itu klo si anak udah mulai bisa tanpa pampres , si anak akan di kondisikan unutk ga pake pampres...dgn begitu si anak akan mencari toilet klo dia mau buang air kecil dan air besar.

4. Equilibration
nah pada hal ini jenisnya equilibration di bagi 2 lagi, ada yang namanya inequiberium dan equiberium, bedanya apa sich??
nah bedanya klo inequiberium dari hal yang di anggap benar menjadi salah...pusing ya??, tenang w kasih contoh; misalnya si anak kecil tadi waktu dulu pas balita dia di ajarin klo buang air besar n kecil itu di popok, di pampres, nah begitu kan salah...makanya ga seimbang, kbp salah ? krn si anak itu udah gede jdnya dia harusnya buang air kecil n besar di toilet.
next yang ke dua ada equiberium maksudnya itu ya keseimbangan , contohnya : si anak kecil yang udah gedean buang air kecil n besar di toilet....nah itu namanya equiliberium.
tapi klo  dr benar trus jadi salH dan trus pas udah di anggap salah malah jd benar itu istilahnya equiliberation.

nah kawan ga cuman itu dia teori nya si bapak Jean Piaget ini ada tahap perkembangan kognitifnya nah apa aja sich tahapnya ....? berikut tahapannya :

1. sensor motorik  (usia 0-2tahunan )
pada masa ini si anak menerima stimulus dari lingkungan sekitarnya.
contohnya : anak kecil yang lagi main sama mainannya tiba2 kita iseng nutupin mainannya dengan kain, trus kita bilang dech mainanya itu ilang dgn mudahnya si anak kecil itu akan percaya...dab ga lama menangis soalnya mainannya dia ilang....hehehhe

2.Pra Operasional (usia 2 - 7 thn )
pada usia ini si anak yang tadinya menerim stimulus, sekarang udah biaa merespon stimulus itu ....
contohnya : si anak kecil yg mainannya di tutupin kain trus kita bilang mainannya ilang , pada anak tahap ini si anak akan merespon dgn menganbil kain yang nutupin mainannya... :D

3. Operasional Konkrit ( usia 7- 12thn)
Tahapan ini si anak udah bisa merespon stimulus yang kita berikan dgn pemikiran yang logis...
contohnya : ketika kita bilang klo mainannya ilang akibat kita turupi  kain, si anak akan bipang klo mainannya ga ilang, tp cuman di tutupin kain... hehehhee....

4. Formal operasional ( 12 thn - dewasa)
nah klo tahapan ini si anak dr yg dr dia di kasih stimulus dia jd bisa berfikirnya logis dan lebih berkembang lagi,sampe memikirkan dampak n efwk dr perbuatan ato mulai bisa menganalisis, nah kemampuannya ini akan terus berkembang sesuai dgn usianya dia sampe dewasa trus berkembang...dech...

nah segitu dulu sharenya w kali ini next di lanjutin lagi ya... see you....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar